Bagaimana Membuat Perabot Kayu Anda Menjadi Anti Rayap

Kebanyakan rumah jaman dahulu menggunakan kayu untuk bahan bangunannya. Sekarang juga ternyata masih banyak yang menyukai rumah dengan nuansa kayu. Meski beberapa menggunakan semen dan batubata untuk beberapa bagiannya.

Kayu memiliki nilai estetika tersendiri untuk bangunan. Bangunan yang terbuat dari kayu akan terlihat lebih unik dan memiliki daya tarik tersendiri. Namun, seperti yang Anda ketahui, rayap selalu saja memilih kayu sebagai tempat tinggal dan tempatnya mencari makan. Ini membuat kayu kayu bangunan dan perabotan Anda tidak bisa tahan lama dan mengalami kerusakan.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah kayu dimakan oleh rayap. yaitu dengan memanggil jasa anti rayap, atau dengan canra seperti memilih jenis kayunya, perawatannya, dan banyak lagi. Coba simak di bawah ini:

  1. Pemilihan Jenis Kayu

Sebelum Anda membuat bangunan atau membeli perabotan, coba teliti dahulu jenis kayu yang digunakan. Di bawah ini ada beberapa jenis kayu yang bisa Anda gunakan untuk mencegah kehadiran rayap.

  • Kayu Jati

Yang pertama, Anda bisa menggunakan kayu jati untuk bahan dasar bangunan dan perabotan. Kayu ini sangat kuat dan mampu melawan serangan rayap dan hama lainnya. Bahkan kayu ini bisa bertahan hingga puluhan tahun. Inilah alasan kuat kenapa banyak yang menggunakan kayu jati untuk rumah dan perabotannya. 

Jangan heran kenapa kayu jati ini memiliki harga yang lebih tinggi ya. Tapi ini sebanding kok ketimbang Anda harus gonta ganti perabotan karena kayu yang kurang kokoh dimakan rayap.

  • Kayu Merbau

Yang kedua Anda bisa menggunakan kayu Merbau. Kayu ini hampir sama kuatnya dengan kayu Jati. Memiliki kekokohan yang tinggi sehingga hama seperti rayap sangat sulit menembus kayu ini.

  • Kayu Sengon

Yang ketiga adalah kayu Sengon. Biasanya kayu jenis ini dimanfaatkan sebagai bahan baku membuat papan lapis. Karena pertumbuhannya yang relative lebih cepat dibanding jenis kayu lainnya, maka kayu sengon ini lumayan banyak ditemukan.

  • Kayu Ulin

Terakhir adalah kayu Ulin. Kayu ini cukup keras saking kerasnya hingga sulit untuk dipotong. Tapi ini justru kabar bagus karena tentu saja rayap akan sulit menembusnya.

Jika Anda tidak menggunakan jenis kayu di atas, tenang saja karena selalu ada solusi untuk semua masalah. Anda tetap bisa mengusir rayap dan mencegahnya melahap kayu Anda dengan cara di bawah ini:

  • Ambillah solar dan oli bekas dengan perbandingan 1:1
  • Kemudian campurkan keduanya aduk hingga rata
  • Oleskan racikan solar dan oli tadi ke kayu menggunakan kuas.
  • Biarkan hingga meresap dan kering
  • Setelah kering, campurkan kembali solar dan oli dengan perbandingan 2:1
  • Oleskan kembali ke kayu tersebut. Diamkan mengering satu hingga tiga hari.
  • jika masih belum bisa juga panggil jasa anti rayap

Ada juga beberapa cara agar kayu Anda lebih tahan lama dan menggunakan cara tradisional. Anda penasaran? Coba simak di bawah ini:

  1. Gunakan Teknik Pengasapan

Teknik ini terbukti sangat ampuh sebelum menggunakan bahan baku untuk perabotan atau bangunan, Lakukan pengasapan. Karena asap mengandung senyawa yang bersifat racun terutama untuk serangga, hama, dan jamur.

  1. Gunakan Metode Pra Konstruksi

Metode ini harus dilakukan melalui penyemprotan. Jadi sebaiknya gunakan jasa pengusir rayap agar lebih efektif. Beberapa bagian yang disemprot di antaranya seperti rangka atap, plafon, dan kusen.

Tentu saja tujuannya agar bangunan dan perabotan Anda bisa tahan serangan rayap. Biasanya ini dilakukan pada bagian tanah dan juga pondasi rumah. 

Bagaimana? Anda lebih tertarik menggunakan cara yang mana? Semoga koloni rayap bisa segera pergi ya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *